UKK di Awal Puasa Ujian Berat Bagi Siswa
Siswa SD Karangnongko I sedang mengikuti Ulangan Kenaikan Kelas ditengah menjalani puasa Ramadhan 1437 H
Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul
Siswa dan Guru SD Karangnongko I memperingati hari jadi Kabupaten Gunungkidul ke-185 dengan berpakaian Jawa gagrak Ngayogyakarta
Latihan Karawitan SD Karangnongko I
Siswa kelas V sedang mengikuti ekstrakurikuler kerawitan yang dilaksanakan setiap hari Kamis
Kinerja Kepala Sekolah SD Karangnongko I
Kepala Sekolah SD Karangnongko I diapit Tim Penilai Kinerja Kepala Sekolah serta guru SD Karangnongko I melakukan foto bersama setelah selesai penilaian.
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas VI SD Karangnongko I
Wahyuwidayati,S.Pd membagikan surat pernyataan lulus dan mengucapkan selamat bagi 22 siswa kelas VI SD Karangnongko I yang dinyatakan telah lulus.
Sabtu, 04 Juni 2016
Tahukah Kamu Bupati Gunungkidul yang Pertama?
Jumat, 03 Juni 2016
Cara Baru Menjadi Guru yang Menyenangkan
Selamat bertemu kembali bapak dan ibu yang berbahagia. Kali ini ada artikel menarik yang mungkin bermanfaat bagi bapak ibu yang berprofesi sebagai guru. Silahkan dibaca dan diresapi.
1. Proses menjadi guru yang profesional diawali dengan sikap yang mantap, yakin keyakinan.
Keyakinan terhadap profesi Anda adalah kunci kesuksesan.
2. Yakinlah ada hakim di balik profesi anda. Ada hal-hal tersembunyi, ada dunia yang indah, ada cinta yang menyala, ada masa depan yang menjanjikan, dan ada jinjiTuhan yang pasti.
3. Jangan ragukan lagi bahwa profesi Andda adalah penting. Jika pemadam kebakaran atau dokter dapat membantu menyelamatkan jiwa seseorang, maka Anda pun dapat membangun peradaban. Bukankah guru juga seorang pahlawan?
4. Jangan gunakan kata "hanya" untuk menyebutkan profesi Anda. Jika Anda tidak menghargai profesi Anda, siapa lagi yang akan menghargainya?
5. Syukuri dan nikmatilah profesi Anda. Sikap ini merupakan sumber energi besar untuk menjalani prosi Anda.
B. Memulai Pembelajaran
6. Rancanglah pembelajaran Anda sebaik mungkin sehingga memudahkan Anda melaksanakanya. Tuliskan dengan jelas dan rinci apa yang akan siswa dan Anda lakukan dalam pembelajaran.
7. Tetapkan indikator pencapaian pembelajaran di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Anda secara operasional dan jelas. Tetapkan pula meode dan media pembelajaranyang akan Anda gunakan serta uraikan penggunaanya.
8. Milikilah dokumen-dokumen penting, seperti kurikulum, silabis, dan sistem penilaian yang mendukung tugas profesional Anda.
9. Kuasai materi jauh lebih banyak dari yang Anda ajarkan, Bersiaplah untuk membelajarkan siswa yang berkemampuan lebih selain siswa yang lambat.
10. Mulailah mempelajari dengan tepat waktu. Ucapkan salam dan tanyakan kondisi siswa agar suasana lebih hangat dan tidak kaku. Sebarkanlah pandangan ke seluruh siswa sehingga mereka merasa diperhatian keberadaanya.
11. Sadarkan siswa akan manfaat pembelajaran yang akan mereka ikuti dengan mengaikannya dengan masalah nyata atau materi yanh telah siswa ketahui.
12. Pastikan siswa telaj menguasai materi prasyarat dengan memberikan pertanyaan lisan atau tes tertulis singkat di awal pembelajaran.
13. Berikan gambaran siswa tentang kopetensi yang harus mereka kuasai, kegiatan pembelajarn yang akan mereka lakukan, dan tugas-tugas yang akan mereka kerjakan.
14.Sesekali tanyakan kepada siswa, pembelajaran sepertiu apa yang mereka kehendaki, agar mereka akan merasa dilibatkan dalam pembelajaran.
C. Menggunakan Metode Pmbelajaran
15. Setiap siswa memiliki tipe dan gaya belajar sendiri. Gunakam metode pembelajaran yang sesuai dengan kompeensi, materi, karakteristik siswa, dan kondisi kelas Anda.
16. Cara menghafal yang paling baik aalah dengan memahami. Meminta siswa untuk menghafal tanpa memahaminya merupakan perbuatan sia-sia dan mungkin juga kejam.
17. Pembelajaran tidak di masukan sebagai proses mentrasfer ilmu, melainkan sebagai usaha guru untuk membantu siswa membangun pengetahuannya. Kembangkanlah suasana pembelajaran yang mungkin siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri.
18. Terapkan pembelajaran yang membiasakan siswa untuk memecahkan masalah, menginterprestasikan data, memahami isu, atau mengekspresikan pendapat dengan alasan yang tepat. Hal yang demikian diyakini dapat mengembangkan keterampilan siswa untuk berfikir logis dan krisis.
19. Lakukan pembelajaran yang menyeimbangkan aktivitas memtal dan fisik siswa.
20. Lakukan aktivitas pembelajaran yang bervariasi. Jika perlu berikan humor atau permainan edukatif. Gunakan sumber belajar yang bervariasi guna lebih memperkaya pengalaman belajar siswa.
21. Berikan penekanan pada konsep-konsep penting dengan sedikit meninggalkan intensitas suara ketika menyabutkanya, memberikan isyarat, memberikan ilustrasi gambar, atau dengan mengulanginya.
22. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mencerna penjelasan Anda dengan memberikan waktu jeda atau hening sejenak di sela-sela penjelasan Anda.
23. Sikap diam siswa kadang bukan pertanda bahwa mereka telah memahami materi pelajaran. Berikan pertanyaan atau tugas singkat guna memastikan bahwa mereka memang betul-betul menguasainya.
Kamis, 02 Juni 2016
Jadwal Ulangan Kenaikan Kelas UKK Tahun 2016
Silahkan klik ini
Rabu, 01 Juni 2016
Edaran Jam Belajar pada Bulan Puasa
Bapak ibu dan para siswa tercinta, berikut kami sampaikan surat edaran yang berkaitan dengan jam belajar di bulan Romadlon tahun 2016.Silahkan dicermati dan selamat menunaikan ibadah puasa